Senin, 11 Februari 2013

Pura Giri Natha Akan Memiliki Piasan Agung

Bertepatan dengan persembahyangan Purnama sasih kepitu, yang jatuh pada tanggal 25 january 2013. Umat Hindu di Kota Makassar telah melakukan upacara peletakan batu pertama sekaligus melangsungkan upacara Ngeruak. untuk pembangunan Piasan. upacara ini dipimpin langsung Oleh Ida Pandita I Nengah Merta. Kegiatan ini dikordinir oleh bapak Made Wena, ST selaku Ketua Panitia pembangunan Pelebaran Piasan. kegiatan ini berlansung dengan baik dan lancar, hadir juga sebagai saksi beberapa lembaga Hindu ditingkat Kota Makassar dan Provinsi Sulawesi Selatan.

Meskipun sempat diurungkan pembangunannya, karena mendapat protes dari beberapa pihak terkait pembangunan Pelebaran piasan Pura Giri Natha Makassar. karena "judul" nya yang kontrovesial, sehingga pihak penanggung jawab dalam hal ini PHDI Kota Makassar dan Banjar Hindu Kota Makassar dan panitia melakukan perubahan judul dari "Pengatapan Pura" menjadi "Pelebaran Piasan". Sehingga Rencana awal PHDI Kota Makassar, Serta Banjar Hindu Kota Makassar dapat terlaksana. pembangunan yang diperkirakan akan menghabiskan dana sekitar setengah miliar rupiah ini sudah mulai dikerjakan. hingga berita ini dibuat, terlihat dasar tiang penopang Piasan sudah tertancap dengan kokohnya.

Pembangunan ini dilaksanakan bukan tanpa alasan, mengingat bahwa Hindu adalah Agama yang Universal, dan flexible dengan budaya serta adat istiadat masyarakatnya, yang dikenal dengan istilah desa kala patra. Di Kota makassar Khususnya yang berdekatan dengan garis katulistiwa, yang merupakan jalur perlintasan Sang Hyang Surya. sehingga di saat umat Hindu Kota Makassar sedang melakukan persembahyangan pada siang hari Matahari menyengat begitu kuat, sehingga membuat tidak nyaman umat dalam melaksanakan persembahyangan. hal ini yang membuat Lembaga Hindu yang ada di Kota Makassar memutuskan untuk melakukan pelebaran Piasan Utama Mandala. dengan harapan umat yang akan melakukan persembahyangan dapat lebih khusuk.

Rancangan gambar dan site plan Piasan Utama mandala sudah sepakati oleh sebagian besar umat Hindu yang ada di kota Makassar. dan sudah sering disosialisasikan oleh Parisadha Kota Makassar, Bapak Made Sukerta. Umat hindu dikota makassar berharap bagunan tersebut dapat menjadi ciri khas Masyarakat Hindu Di Kota Makassar.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar