Rabu, 21 November 2012

Tradisi "Ngayah" Umat Hindu Harus di Pertahankan

Oleh: Dee Suarnata

Suatu budaya yang begitu kuat dan kental, adalah warisan yang kaya akan nilai-nilai kebersamaan masyarakat dibali. adalah sebuah nilai luhur yang menjadi tatanan dalam masyarakat hindu yang diwariskan secara turun temurun. hingga menjadikan bali sebuah pulau yang dikenal keseluruh penjuru dunia. apa yang menjadikan bali begitu terkenal hingga keberbagai belahan dunia? jawabannya tentu adalah budaya dan tradisi masyarakat bali. salah satunya yang masih berlangsung hingga sekarang adalah tradisi Ngayah.

Ngayah adalah sebuah kebiasaan yang menjadi tradisi bagi umat hindu, mengerjakan apa saja berdasarkan kemampuan tanpa mengharapakan imbalan. seperti membangun tempat ibadah (Pura), membuat saluran pengairan (biasa dilakukan oleh subak), atau membangun rumah penduduk juga dilakukan secara gotong royong. sebuah nilai yang masih bertahan hingga sekarang dan mendarah daging dari generasi ke generasi. Nilai yang merupakan tatanan dalam masyarakat Hindu ini tentunya bersumber dari ajaran Weda. sebuah ajaran suci yang menjadi tuntunan bagi umat hindu dalam mengarungi bahtera kehidupan.

Namun, seiring perkembangan jaman, tradisi Ngayah mulai terkikis oleh paham-paham ekonomi, sosial politik dan masuknya budaya asing sehingga menggeser nilai dan budaya lokal serta berkembangnya ideologi-ideologi menyimpang juga menjadi faktor menurunnya nilai-nilai kebersamaan tersebut. perubahan nilai hampir terjadi pada setiap pergantian dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Oleh sebab itu, sebagai generasi muda Hindu kita harus mempunyai semangat untuk mempertahankan tradisi kita, yang merupakan warisan luhur umat Hindu dari generasi sebelumnya. kenapa harus generasi muda?. pemuda adalah penentu baik dan buruknya kehidupan masyarakat hindu dimasa yang akan datang. bila saja pemuda semangat untuk ngayah demi kemajuan bersama dengan segala potensi yang dimiliki, yang berdasar pada dharma. maka dapat dipastikan kehidupan masyarakat Hindu dimasa yang akan datang akan menjadi lebih baik.

Kesadaran yang tinggi akan tanggung jawab kita sebagai pemuda sangat dibutuhkan. namun, hanya sebagian kecil dari pemuda hindu yang memiliki kesadaran akan pentingnya Ngayah untuk kemajuan bersama. paham individualisme bak air bah yang menghanyutkan semangat pemuda untuk memajukan Agamanya, yang merupakan keyakinan yang paling mendasar yang menjadi tuntunan dalam setiap tindakannya. hanya sedikit yang bertahan dari hempasan gelombang globalisasi.

Pemuda harus memiliki keyakinan yang kuat, dan berdedikasi serta semangat yang tinggi untuk "ngayah" demi kemajuan umat Hindu dimasa yang akan datang. sumbangkan segala kemampuan kalian, tenaga dan pikiran untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. jangan hanya memikirkan diri sendiri, tetapi kita juga harus memikirkan nasib umat kita secara menyeluruh. Budaya dan tradisi yang merupakan warisan leluhur tak boleh "Mati" dan terkubur oleh terjangan jaman. Pemuda Hindu harus bangkit..............!!!!!!
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar