Selasa, 20 November 2012

Laksanakan Swadharma Untuk Mengubah Dunia

Tugas-tugas Pemuda

Oleh: Dee Suarnata
Pemuda dapat dipersepsikan sebagai kaum yang kuat dan memiliki kapasitas dan kapabilitas yang sangat besar. Dalam sejarah, catatan membuktikan bahwa hal-hal besar yang mengguncang dunia dilakukan oleh para pemuda. Lihat saja sejarah penemuan benua Amerika, sejarah revolusi dunia, dan yang tak kalah heroisnya, Soekarno, Hatta, dan para pahlawan ketika berusaha untuk mewujudkan negara Indonesia merdeka, mereka berusia tidak lebih dari tiga puluh tahun ketika itu. Ini menandakan peran pemuda sangat besar bagi sebuah revolusi peradaban 

Pada tanggal 28 Oktober 1928, telah terjadi satu peristiwa bersejarah bagi Bangsa Indonesia, dimana pada saat itu para pemuda dari berbagai penjuru Tanah Air berkumpul. Mereka berkumpul dan Berikrar bersama-sama tentang "Sumpah Pemuda". peristiwa ini bertujuan untuk membangkitkan semangat persatuan para pemuda di Indonesia. 

Sebagai generasi penerus bangsa, pemuda harus memiliki kemauan yang kuat untuk memajukan Negara ini. Kemajuan bangsa Indonesia berada di tangan para generasi muda. Untuk itu saya berharap pemerintah bisa memberikan dukungan kepada pemuda seperti menyediakan lembaga-lembaga untuk menyalurkan bakat dan aspirasi pemuda dan mahasiswa agar tepat pada sasaran pada tujuannya yaitu untuk memajukan bangsa Indonesia. Semoga untuk kedepannya para pemuda bisa lebih mengharumkan nama bangsa dengan segudang prestasi yang baik. 

Kata "pemuda" akan membuat orang berpikir tentang energi yang meluap-luap, semangat yang membara, kekuatan yang tiada habisnya, kreativitas yang tak pernah mati, dan generasi untuk kepemimpinan  dimasa depan.seorang Pinandita di Pura Giri Natha Makassar pernah berpendapat bahwa tampilnya kebaikan Umat Hindu bergantung pada kebaikan moril pemuda yang merupakan regenerasi umat Hindu dimasa yang akan datang. Hal ini menggambarkan bahwa pemuda merupakan subjek utama yang memegang peranan sangat penting dalam keberlangsungan hidup masyarakat.



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar