Jumat, 16 November 2012

Profil Pemuda

I Gede Sugiasra, Pemuda Yang Bersuara Lantang.

Oleh: Dee Suarnata.

Sosok pemuda yang satu ini sudah tidak asing bagi masyarakat hindu di sekitaran kota makassar. terutama dikalangan mahasiswa, Seorang pemuda yang rajin ngayah dipura Giri Natha Makassar, yang merupakan pusat kegiatan masyarakat Hindu yang berdomisili dikota Makassar, dan juga merupakan satu-satunya tempat persembahyangan bagi umat Hindu dikota yang dikenal dengan julukan kota Daeng.

Pemuda yang akrab di panggil Gede ini sehari-harinya beraktifitas sebagai seorang Mahasiswa, namun disela-sela kesibukannya pemuda kelahiran Mekarsari, Luwuk Banggai 08 November 1990 ini sering menyempatkan dirinya untuk Ngaturang Ngayah dipura. Jarak antara pura dengan tempat tinggalnya tidak terlalu jauh, meringankan langkah Gede untuk sesekali mencabuti rumput di Utama Mandala Pura yang tumbuh dengan suburnya. sebelumnya Gede memang tinggal di komplek Pura Giri Natha, Hanya saja sekarang lebih memilih Ngekost, sebab rutinitas kuliah kadang membuatnya harus punya waktu yang cukup untuk istirahat.

Namun, ketika ada masalah yang berhubungan dengan organisasi tempatnya berkecimpung, gede sering berteriak dengan lantang, mengkritisi apa yang menurutnya tidak sesuai. berbicara tentang apa yang kita yakini benar memang sulit untuk dilakukan oleh orang kebanyakan. butuh nyali dan kemampuan untuk mempertanggung jawabkan apa yang menurut kita benar. pemuda seperti Gede Sugiarsa memang bisa dikatakan sebagai pemberani, berani menyuarakan apa yang dia yakini benar. berani menentang pendapat yang menurutnya tidak sesuai dengan apa yang dia ketahui. tidak semua pemuda mampu melakukannya, namun bagi Seorang Gede Sugiasra itu hal biasa.

Selama kita mampu mempertanggung jawabkan apa yang kita yakini benar, sudah seharusnya mempunyai sikap kritis seperti Gede Sugiarsa. begitu banyak kejadian-kejadian sosial yang menyangkut khalayak ramai yang lepas dari pantauan kita. begitupula halnya yang terjadi dimasyarakat Hindu kota makassar. perlu ada yang mengkritik bilamana ada hal-hal yang menyangkut orang banyak yang tidak sesuai dengan ketentuan atau kesepakatan bersama. sebab, bila tidak ada yang mengingatkan hal-hal yang seharusnya tidak perlu terjadi akan semakin berlarut-larut. yang tentu membawa dampak yang tidak baik kedepannya.

Pentingnya sosok pemuda seperti Gede Sugiarsa kiranya dapat menjadi inspirasi, bahwa keberanian perlu untuk dimiliki setiap orang. berani mengibarkan bendera perubahan. selama memberi manfaat dan membawa perubahan bagi kita semua, kritik itu diperlukan. ini penting untuk memperbaiki tatanan yang kurang tepat yang kadang menjadi fenomena unik dimasyarakat. hal kecil yang kita lakukan sekarang akan sangat berarti bagi generasi berikutnya. generasi muda Hindu harus tetap bergerak, sehingga Hindu menjadi tetap ajeg dan jaya.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar