Kamis, 08 November 2012

Masa Depan Kota Sai Baba Dipertanyakan

PDF Print E-mail

PUTTAPARTHI, INDIA, 27 May 2011
(The New York Times): Sri Sathya Sai Baba, yang menghabiskan waktu puluhan tahun untuk membangun sebuah pusat spiritual, yang tercermin disetiap sudut kota kecil ini. Beliau mengubah desa terpencil yang kumuh menjadi sebuah kota modern dilengkapi dengan lapangan udara pribadi, universitas, dua rumah sakit besar, apartement-apartemen dan stadion –warisan yang begitu besar yang meninggalkan pertanyaan bagi para pengikutnya : Apa yang perlu dilakukan sekarang?

Para pengusaha masih bertanyatanya apakah para bhakta akan tetap datang mengalir, pembangunan ditengah jalan dihentikan pada salah satu tower apartemen yang baru selesai setengahnya. Institusi kemanusiaan berupa fasilitas pendidikan dan kesehatan yang dibangun oleh Sai Baba saat ini tiba-tiba tanpa seorang pemimpin. Dan bagi yang percaya, terdapat pertanyaan kapan, dan dalam wujud seperti apa, Beliau akan reinkarnasi kembali.

Dalam periode kepergian Sai Baba, tantangan yang besar adalah mempertahankan dedikasi dan dukungan dari para bhaktanya. Sekolah-sekolah, rumah-rumah sakit dan ashram-ashram yang telah berjalan membutuhkan banyak sekali tenaga sukarelawan yang datang ke Puttaparthi memberikan pelayanan secara gratis, dan juga sumbangan-sumbangan yang tetap mesti mengalir. Para pendiri Yayasan menyatakan bahwa biaya tahunan untuk menjalankan semua fasilitas tersebut dianggarkan sebesar 25 juta dollar, yang dibagi merata dari bunga investasi dan sisanya dari sumbangan.

Di Puttaparthi, para pengusaha saat ini sudah melihat perubahan yang terjadi. Jika sebelumnya para bhakta tinggal selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk menghabiskan waktu di dekat Sai Baba, sekarang mereka datang hanya untuk kunjungan singkat untuk memberikan penghormatan di tempat penguburan Beliau. Hampir seluruh ekonomi daerah tersebut tergantung pada sosok Sai Baba, sekitar 10 ribu tenaga kerja dari desa-desa sekitar bekerja pada proyek-proyek konstruksi, dan ratusan penduduk desa yang lain bekerja sebagai pedagang menjual buah-buahan dan sayur-sayuran bagi para pengunjung.

Bagi sebagian besar para bhakta popularitas Sai Baba makin meluas. Di antara mereka yang percaya kisah-kisah tentang keajaiban yang disaksikan di seluruh dunia beredar luas setelah kematian Beliau. Abu suci (Vibhuti) muncul pada sebuah photo Sai Baba di Uganda, abu suci yang sama juga muncul pada patung Sai Baba di Russia; dan sejumlah bhakta menyaksikan Sai Baba muncul di hadapan mereka. Sai Baba menggambarkan dirinya sebagai reinkarnasi kedua dari rangkaian tiga reinkarnasi, dan meramalkan bahwa reinkarnasi ketiga akan lahir di negara bagian Karnataka di India. Banyak di antara para bhakta percaya bahwa Sai Baba akan kembali dalam wujud seperti sekarang.” Walaupun dalam wujud seperti ini, kami pikir Beliau akan kembali lagi,” kata Sai Prakash, seorang bhakta yang tumbuh dilingkungan Ashram.” Ada tandatanda tentang hal ini.”
 
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar